Cara Membuat AC Sendiri Dari Kipas Angin dan Styrofoam

image

AC atau pendingin ruangan adalah alat yang populer digunakan untuk mengatasi masalah suhu panas ruangan. Terutama di Indonesia yang notabene beriklim tropis.

Namun, AC masih termasuk barang mahal dan kurang mudah terjangkau bukan hanya karena harganya yang mahal, biaya listrik yang dibutuhkan untuk penggunaan AC juga tergolong besar.

Pada tutorial kali ini kita akan membuat pendingin ruangan atau AC secara kreatif dan sederhana dan murah menggunakan barang-barang yang mudah dijumpai disekeliling kita. Disamping itu biaya material dan operasionalnya juga relatif murah. Langsung saja, berikut adalah cara membuat ac pendingin ruangan sendiri:

Langkah 1. Siapkan alat dan bahan

image

Bahan yg dibutuhkan dlm pembuatan ac adalah:

  1. Boks styrofoam (seperti pada gambar)
  2. Kipas angin diameter kecil (tidak lebih lebar dari styrofoam)
  3. Knee paralon
  4. Lakban

Dan alat yang dibutuhkan adalah

  1. Pisau cutter
  2. Spidol

Langkah 2. Tandai styrofoam untuk dipotong

Lepas penutup kipas, tempelkan pada penutup boks styrofoam mendekati salah satu sisi, lalu tandai sekeliling penutup dengan menggunakan spidol.

Kemudian pada sisi lain penutup tempelkan 3 buah knee pipa paralon lalu tandai dengan spidol, lihat pada gambar berikut.

imageimage

Langkah 3. Buat lubang untuk kipas angin

Lubangi lingkaran besar yang sudah dibuat dengan menggunakan cutter. Usahakan agar hasil irisan pas dengan lingkaran yang dibuat atau lebih kecil, supaya pas dengan ukuran kipas.

Berhati-hatilah saat menggunakan pisau cutter.

image

Langkah 4. Buat lubang untuk pipa

Lubangi ketiga lubang pipa dengan cutter, sama seperti lubang kipas angin, usahakan ukurannya pas atau lebih kecil agar tidak longgar ketika dipasangi pipa.

image

Langkah 5. Rakit

Pasang kipas angin dan pipa pada masing-masing lubang.

image

image

Langkah 6. AC siap digunakan

AC pendingin ruangan buatan anda siap digunakan. Untuk menggunakannya, masukkan es batu kedalam boks. Lalu nyalakan kipas angin, dan rasakan hembusan angin sejuknya.

image

Anda bisa menggunakan botol plastik yang berisi air yang dibekukan dalam freezer.

Siapkan lebih dari satu buah es agar dapat digunakan secara bergantian dan AC bisa digunakan secara terus menerus.

Sekian tutorial singkat cara membuat AC sendiri dari kipas angin dan styrofoam. Semoga bermanfaat.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment