Membuat Perangkap Nyamuk Dari Botol Bekas

image
Keberadaan nyamuk dalam rumah tentu sangat menjengkelkan. Disamping mengganggu aktifitas tidur yang dapat mengurangi kualitas tidur, nyamuk juga merupakan media penyebar virus-virus berbahaya seperti demam berdarah, chikungunya, dan lain sebagainya.
Untuk itu dibuatlah produk-produk anti nyamuk mulai dari anti nyamuk bakar, lotion pengusir nyamuk, hingga anti nyamuk elektrik dan pembasmi nyamuk elektrik.
Selain menggunakan produk-produk anti nyamuk dipasaran, anda juga dapat membuat sebuah alat pembasmi nyamuk dengan biaya yang sangat murah. Dengan memanfaatkan botol minuman bekas, anda bisa membuat sendiri alat pembasmi nyamuk di rumah anda. Berikut adalah cara membuat perangkap nyamuk dari botol bekas.

Alat dan Bahan

Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat perangkap nyamuk dari botol bekas:
  1. Botol plastik bekas (lebih besar lebih baik)
  2. Ragi
  3. Gula
  4. Air
  5. Pisau cutter
  6. Selotip
  7. Panci & kompor
  8. Kertas /plastik berwarna gelap
image

Langkah 1 :  Potong botol

Potong botol pada sisi atas dekat dengan leher botol dengan cutter. Hati-hati saat menggunakan cutter. Kemudian balik potongan atas botol hingga menyerupai corong dan tutupkan pada potongan botol bagian bawah. Lalu rekatkan dengan selotip agar tidak mudah lepas. Perhatikan gambar berikut:
image

Langkah 2 : Siapkan larutan gula

Rebus gula secukupnya dalam air, cukup untuk membuat air gula yg tidak terlalu manis. Kemudian rebus hingga seluruh gula larut dalam air.
Lalu diamkan hingga larutan gula dingin dibawah suhu 32 derajat celsius sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.
image

Langkah 3 : Tambahkan ragi

Tambahkan ragi secukupnya, lalu tuang larutan kedalam botol. Ragi akan mulai aktif dan akan membuat larutan menjadi keruh dan berbusa. Tandanya bakteri sedang mengkonsumsi gula.
image

Langkah 4 : Bungkus dan selesai

Bungkus botol dengan kertas hingga menutupi permukaan sekeliling botol, rekatkan dengan selotip, lalu tempatkan botol pada tempat strategis yang banyak nyamuknya.
image
Nyamuk akan tertarik dengan gas karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan dari hasil fermentasi gula, nyamuk masuk melalui tutup botol namun kebingungan untuk keluar dan akhirnya terjebak di dalam botol dan mati.
Larutan dapat bertahan hingga 2 minggu, setelah itu anda bisa menggantinya dengan larutan yang baru.
Sekian adalah tutorial cara membuat perangkap nyamuk dari botol bekas. Dengan biaya yang minimal, anda bisa mengurangi resiko diri dan keluarga anda dari serangan virus dan penyakit. Sekaligus dapat membantu memperbaiki kualitas tidur anda.
gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment