Membuat Kebun Vertikal Bertingkat Dari Botol Plastik (Ide 1)

Kebun Vertikal atau yang dalam bahasa inggris disebut Vertical Garden adalah sebuah konsep yang sangat populer sebagai solusi bagi anda yang hobi atau sekedar ingin berkebun dengan lahan yang kecil atau minimalis. Vertical garden adalah konsep berkebun yang sangat menyatu dengan motto “Go Green” karena umumnya pada pembuatan dan penerapan vertical garden selalu menggunakan bahan-bahan daur ulang. Salah satu yang cukup populer adalah dengan menggunakan botol plastik atau kaca bekas.

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang salah satu ide konsep vertical garden dan cara membuat vertical garden atau kebun vertikal bertingkat dari botol plastik bekas. Ada banyak ide dan konsep penerapan vertical garden yang nantinya akan saya posting pada kategori vertical garden. (Baca juga, Cara Membuat Vertical Garden Portable dari Pipa PVC)

Konsep vertical garden bertingkat.

image

Vertical garden bertingkat yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu desain vertical garden yang dibuat saling bertingkat menyerupai anak tangga, dimana pada proses irigasinya kita hanya perlu menyirami container / botol pada barisan teratas dan nantinya air akan mengaliri pot-pot pada barisan dibawahnya. Untuk tutorial ini saya menggunakan botol plastik untuk kemudahan, anda juga bisa menggunakan botol kaca apabila anda lebih menyukainya, meskipun cara pembuatannya jadi sedikit lebih rumit. Untuk cara memotong botol kaca yang paling mudah, anda bisa membacanya pada artikel Cara Memotong Botol Kaca Menggunakan Benang.

Mari kita simak, berikut adalah langkah-langkah membuat kebun vertikal / vertical garden dari botol plastik bekas.

Alat dan Bahan.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat vertical garden bertingkat adalah sebagai berikut.

  • Botol minuman bekas
  • Kayu limbah untuk frame (bisa menggunakan bambu, kayu pallet, pipa pvc atau bahan lainnya)
  • Sekrup kayu
  • Pisau cutter
  • Bor (untuk melubangi leher botol)
  • Mata bor (sesuaikan dengan diameter sekrup)
  • Obeng
  • Gergaji

image

Langkah 1. Potong botol

Potong botol pada tengah-tengah botol. Bagian yang akan kita gunakan adalah bagian atas / tutupnya yang berbentuk menyerupai corong apabila dibalik. Untuk bagian bawah botol, bisa anda jadikan prakarya lain seperti pada artikel Membuat Tempat Pensil Sendiri Dari Botol Bekas.

image

Langkah 2. Lubangi leher botol dengan bor

Lubangi leher botol dengan bor hingga tembus kedua sisinya, sesuaikan diameter lubang dengan diameter sekrup yang akan anda gunakan, jangan terlalu longgar. Perhatikan gambar berikut untuk lebih detailnya.

image

Langkah 3. Buat bingkai / frame

Potong dengan gergaji dan rangkai bingkai atau frame dengan bentuk seperti pada gambar rancangan berikut. Sesuaikan jarak antar baris frame dengan tinggi potongan botol anda.

image

Langkah 4. Pasang botol pada frame

Pasang botol pada frame menggunakan sekrup dengan susunan pemasangan seperti pada gambar berikut. Jika anda menggunakan botol plastik, sekrup dengan kencang pada kayu agar botol tidak bergoyang-goyang. Namun jika anda menggunakan botol kaca, sedikit longgarkan sekrup agar posisi botol dapat dimiringkan.

image

Langkah 5. Masukkan media tanam

Terakhir, tambahkan media tanam sesuai dengan tanaman anda. Tambahkan lapisan kerikil pada tutup botol yang berfungsi sebagai penyaring agar tanah media tanam tidak melorot ke botol yang ada dibawahnya pada saat proses irigasi, terutama untuk botol yang paling bawah.

image

Usahakan agar volume tanah tidak terlalu penuh agar tanah dan air tidak tumpah. Anda bisa menggantungkan frame vertical garden pada dinding dengan paku atau kawat, atau hanya dengan menyandarkannya pada tembok dengan posisi agak diagonal.

Sekian adalah salah satu ide vertical garden sekaligus tutorial singkat tentang cara membuat kebun vertical garden bertingkat dari botol plastik. Dengan bahan-bahan yang tak terpakai disekitar kita, kita dapat membuat prakarya yang sangat berguna. Selamat berkebun, dan selamat berkarya.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment