Membuat Pot Gantung Terbalik Dari Botol Bekas

CaraBuatSendiri.com - Sebenarnya saya sedikit kesulitan mengarang judul untuk postingan kali ini. Pada dasarnya yang akan kita buat adalah sama seperti pada artikel Cara Membuat Pot Gantung Dari Botol Bekas yaitu memanfaatkan botol bekas sebagai tempat menanam tanaman / pot, namun bedanya pada postingan kali ini kita buat penanamannya terbalik sehingga tanaman tumbuh dari lubang di dasar pot, bukan dari permukaan atas. Cara menanam seperti ini tergolong unik karena dapat sekaligus menjadi dekorasi rumah hidup.

Meskipun terbalik, tanaman tetap akan tumbuh kearah atas, sehingga apabila tanaman sudah besar dan berkembang. Tanaman akan mengeiilingi menutupi botol, sehingga botol akan tersembunyi dari pandangan dan menimbulkan kesan bahwa tanaman tumbuh tanpa menggunakan media tanam.

image

Mari kita simak langkah langkah cara membuat pot gantung terbalik dari botol bekas berikut ini.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat prakarya pot gantung terbalik ini adalah sebagai berikut:

  • Botol plastik bekas ukuran 2 liter
  • Benang atau kawat
  • Lakban
  • Pisau
  • Gunting / tang
  • Pelubang kertas (atau bisa menggunakan gunting)
  • Tanaman bibit yang sudah bertunas dan siap tanam.

image

Langkah 1. Potong botol untuk membuat pot

Pertama tama, bersihkan botol dari cairan-cairan sebelumnya. Lalu potong bagian dasar botol dengan menggunakan pisau dan gunting.

image

Langkah 2. Buat lubang untuk menggantung botol

Rapihkan tepi potongan botol, lalu bungkus dengan lakban secara melingkar mengelilingi tepian potongan botol. Lakban disini berguna untuk memperkuat botol agar lubang penggantung tidak robek terkena beban tanah dan tanaman saat digantung.

Lalu lubangi dengan pelubang kertas atau gunting. Jumlah lubang usahakan lebih dari 2 buah dan terbagi secara merata mengelilingi keliling botol agar botol stabil saat digantung. Perhatikan gambar berikut.

image

Langkah 3. Masukkan tanaman

Masukkan tanaman secara terbalik beserta media tanam aslinya. dan secara hati-hati, keluarkan tunas-tunas tanaman hingga melalui leher botol.

image

Lalu dorong media tanam dalam-dalam hingga masuk keseluruhannya. Tekan hingga media tanam memadat agar tanaman tidak rontok dan jatuh. Batang dan akar dari tunas sekaligus berfungsi sebagai penyaring agar tanah tidak jatuh.

image

Langkah 4. Tambahkan tanah

Tambahkan tanah sesuai dengan jenis tanaman hingga penuh dan sisakan 1-2 cm agar air tidak tumpah saat menyirami tanah.

image

Langkah 5. Tambahkan tali / kawat gantungan

Tambahkan tali atau kawat gantungan, atur sedemikian rupa agar posisi botol tegak vertikal.

image

Langkah 6. Gantung dan rawat tanaman

Gantung botol pada tempat yang terkena sinar matahari, dan sirami tanaman secara berkala namun jangan berlebihan saat memberikan air. Beri air secukupnya hingga seluruh tanah lembab.

image

Tips: Beri lapisan kain atau sabut kelapa pada permukaan tanah untuk membantu menjaga kelembaban tanah agar tidak mudah kering.

Sekian langkah-langkah cara membuat pot gantung terbalik dari botol bekas. Untuk prakarya dari botol bekas lainnya, silahkan jelajahi di kategori Botol Bekas. Untuk ide-ide berkebun lainnya, silahkan jelajahi di kategori Kebun & Taman. Selamat berkebun dan selamat berkarya.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 comment: