Membuat Tempat Pensil Sendiri Dari Botol Bekas

image

Botol bekas adalah material prakarya yang serbaguna. Botol bekas sering digunakan dan sangat populer dijadikan sebagai bahan prakarya karena biayanya yang sangat murah dan pengolahannya yang sangat mudah. Untuk tutorial kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat tempat pensil dengan memanfaatkan botol bekas dengan biaya yang sangat murah.

Tempat pensil yang akan kita buat ini adalah tempat pensil berbentuk tabung dan dilengkapi dengan resleting. Sehingga tidak terbatas pada tempat pensil saja, prakarya yang akan kita buat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah tempat menyimpan baran-barang lain seperti komponen elektronika, kelereng, obat-obatan, peralatan menjahit, dan lain sebagainya.

Mari simak langkah-langkah membuat tempat pensil dari botol bekas yang sudah kami rangkum berikut ini:

Alat dan bahan

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat prakarya ini adalah:

  1. 2 Buah botol plastik bekas.
  2. Resleting / zipper.
  3. Potongan kain flanel.
  4. Lem plastik / lem tembak
  5. Cutter.
  6. Spidol

image

Langkah 1 : Potong botol plastik

Pertama-tama, tandai bagian botol plastik yang hendak dipotong lalu potong botol dengan menggunakan cutter secara hati-hati.

Berhati-hatilah saat menggunakan cutter untuk memotong botol, pegang botol dengan posisi pisau tidak menghadap tangan anda.

Bagian botol yang digunakan dalam prakarya ini adalah bagian dasarnya. Tandai sesuai dengan ketinggian yang digunakan pada salah satu botol, lalu untuk botol lainnya tandai setinggi 1/4 atau 1/3 dari ketinggian potongan botol pertama.

Contohnya, jika anda hendak membuat tempat pensil, maka potong salah satu botol setinggi pensil, kemudian potong botol lainnya setinggi 1/4 dari ketinggian botol pertama. Seperti pada gambar berikut.

image

Langkah 2 : Buat resleting untuk penutup

Kemudian potong resleting dengan panjang sesuai dengan keliling botol, lalu potong kain flanel dengan lebar 2 kali dari lebar resleting, lalu bungkuskan dan rekatkan pada ujung resleting untuk mencegah resleting lepas.

image

Langkah 3 : Rekatkan

Rekatkan masing-masing sisi resleting pada masing-masing tepian botol. Gunakan lem plastik / lem tembak untuk merekatkannya namu jangan sampai mengenai jalur resleting karena dapat menyebabkan resleting macet. Beri ruang setidaknya setengah dari lebar resleting agar resleting mudah untuk di buka-tutup. Rekatkan seperti pada gambar berikut.

image

Langkah 4 : Selesai

Tunggu sejenak hingga lem benar-benar mengeras, dan tempat pensil anda siap untuk digunakan.

Seperti yang sudah saya sebutkan pada awal tutorial, tidak terbatas pada pensil dan pena atau bolpoint saja, prakarya ini juga dapat anda fungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang kecil lainnya.

image

Anda juga bisa membuat tempat penyimpan earplug / earphone dengan membuat tinggi potongan botol lebih kecil.

image

Sekian tutorial membuat prakarya tempat pensil sendiri dari botol bekas, selamat mencoba dan selamat berkreasi.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments: