Cara Membuat Perangkap Tikus Dari Botol Bekas

CaraBuatSendiri.com - Pada kesempatan kali ini saya akan mengeposkan panduan bagaimana cara membuat perangkap tikus yang murah dan efektif dengan menggunakan botol bekas yang di daur ulang dan beberapa bahan-bahan lain seperti peralatan kantor yang mudah anda temui disekitar anda.

Tikus hidup dengan berkelompok dan suka tinggal di rumah-rumah manusia karena mempermudah mereka mencari makanan dan tempat yang terlindung. Tikus dapat memakan makanan anda, menyebarkan penyakit, dan merusak perabotan-perabotan anda. Beberapa penyakit yang disebarkan oleh tikus bisa sangat mematikan. Dan lebih parah lagi, mereka sangat cepat dalam berkembang biak. Jika anda mengabaikan keberadaan tikus dirumah anda, bisa saja dalam beberapa bulan rumah anda akan dipenuhi oleh tikus.

Biasanya, orang akan membeli semacam racun atau pembunuh tikus untuk memusnahkan tikus-tikus tersebut atau membeli semacam jebakan untuk menangkap dan menyingkirkan tikus-tikus tersebut. Artikel tutorial kali ini akan memandu anda untuk membuat perangkap tikus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perangkap ini adalah botol bekas dan beberapa barang lain seperti peralatan kantor. Mari simak cara membuat perangkap tikus dari botol bekas berikut ini.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-13

Alat dan Bahan

jebakantikus-carabuatsendiri.com-2Bahan yang diperlukan untuk membuat perangkap tikud ari botol bekas adalah:

  1. Botol plastik besar (Direkomendasikan menggunakan botol berbentuk kotak agar tidak menggelinding)
  2. 2 buah pensil
  3. 2 karet gelang
  4. Klip kertas
  5. Benang

Dan alat yang diperlukan adalah :

  1. Cutter
  2. Gunting

 

Langkah 1 : Potong botol

Potong botol setinggi 1/3 bagian dari tutup botol, namun jangan memotong selurunya. Sisakan sekitar 25% dari sisi botol. Bagian ini akan berfungsi sebagai engsel. Perhatikan
gambar berikut.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-4

Langkah 2 : Buat Lubang dan Pasang Pensil

Buat dua pasang lubang yang menembus diameter botol, yaitu pada bagian tengah-tengah potongan kecil botol dan tengah-tengah potongan besar botol. Lubang ini digunakan untuk memasukkan pensil.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-5

Lalu masukkan pensil melalui kedua pasang lubang tersebut seperti pada gambar dibawah.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-6

Anda juga bisa menggunakan benda lain selain pensil.

Langkah 3 : Siapkan Pemicu Perangkap

Pemicu dari perangkap ini dibuat menggunakan benang dan klip kertas. Potong benang sepanjang 20-25 cm, lalu buat sebuah simpul pada salah satu ujung benang.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-7

Siapkan klip kertas. Luruskan salah satu bagian klip kertas dan sedikit bengkokkan, seperti pada gambar dibawah. Dan pasang makanan umpan pada bagian lingkar klip kertas.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-8

Langkah 4 : Pasang Pemicu Perangkap

Buka tutup botol, pasang salah satu ujung benang kedalam lubang botol, lalu rapatkan tutup botol seperti pada gambar dibawah.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-9

Buat lubang kecil pada bagian dasar botol pada sisi yang sama dengan engsel. Lalu masukkan klip kertas melalui lubang tersebut dari sisi dalam botol. Lepas pensil terlebih dahulu agar mudah untuk memasukkan klip kertas.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-10

Langkah 5 : Siapkan Perangkap

Pasang karet gelang pada masing-masing ujung pensil seperti gambar berikut.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-11

Lalu tarik benang dan kaitkan simpul benang pada klip kertas.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-12

Dan perangkap tikus siap untuk digunakan.

Letakkan perangkap tikus pada lokasi yang sering dilalui tikus. Pastikan posisi botol stabil tidak terguling, tambahkan pengganjal apabila anda menggunakan botol berbentuk silinder seperti pada tutorial ini.

jebakantikus-carabuatsendiri.com-13

Sekian panduan tutorial cara membuat perangkap tikus dari botol bekas. Anda bisa membuat perangkap ini sebanyak-banyaknya tanpa memerlukan biaya yang besar.

Selamat berkarya.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 comment: