Membuat Filter Penyaring Air Tenaga Matahari Dari Botol Bekas

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-1CaraBuatSendiri.com – Tetap pada pemanfaatan botol bekas. Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat filter / penyaring / penjernih air dari botol plastik
bekas yang menggunakan tenaga matahari. Prakarya kali ini sangat cocok untuk anda yang hobi camping, survival, atau hobi outdoor lain yang sangat tergantung pada keberadaan air bersih termasuk kebutuhan untuk dapat menyaring air kotor menjadi air bersih.

Disamping tidak memerlukan biaya besar, teknik ini juga sangat ringkas jika dibandingkan dengan penyaringan menggunakan material penyaring seperti pasir, arang dan lain sebagainya karena penyaring ini menggunakan sistem penguapan air / penyulingan. Jadi dimanapun ada panas terik matahari, proses penyaringan air kotor menjadi air bersih dapat dilakukan.

 

Mari simak langkah-langkah membuat filter penyaring / penjernih air tenaga matahari dari botol bekas berikut ini:

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat filter air tenaga matahari dari botol bekas adalah sebagai berikut:

  1. 2 Buah Botol Bekas.
  2. Pipa PVC dengan diameter lebih kecil dari tutup botol dan panjang sesuai tinggi botol.
  3. Lem tembak / plastik.
  4. Bor / Cutter.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-1.a

Langkah 1 : Persiapkan Botol dan Pipa PVC

Cuci bersih kedua botol bekas dan pipa pvc yang hendak digunakan. Untuk lebih amannya, gunakan botol bekas air putih yang baru saja digunakan.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-2

Langkah 2 : Sambung Masing-Masing Tutup Botol

Lepas kedua tutup botol, lalu rekatkan kedua tutup botol dengan menggunakan lem tembak / plastik. Pastikan bahwa kedua tutup botol menempel dengan erat. Perhatikan pada gambar berikut.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-3

Langkah 3 : Lubangi Tutup Botol

Lubangi tutup botol dengan menggunakan bor / cutter dengan diameter lubang pas dengan diameter pipa. Perhatikan gambar berikut.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-4

Langkah 4 : Pasang Pipa PVC Pada Tutup Botol

Pasang salah satu ujung pipa pvc melalui lobang pada tutup botol, lalu rekatkan dengan lem agar tidak ada kebocoran air.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-5

Langkah 5 : Filter Botol Bekas Tenaga Matahari Siap Digunakan

Isi salah satu botol dengan air keruh / air kotor. Lalu pasang tutup botol dengan bagian pipa menghadap keatas (perhatikan gambar). Lalu pasang botol kedua pada tutup botol yang menghadap atas sehingga membentuk seperti sebuah jam pasir.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-6

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-7

Jemur botol pada terik matahari. Semakin terik, maka proses penyaringan air akan semakin cepat.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-8

Air bersih perlahan-lahan akan terakumulasi pada botol atas. Karena panas matahari, air yang ada dalam botol bagian bawah akan menguap, namun tidak untuk kotoran-kotorannya. Lalu uap air tersebut akan naik melalui pipa, dan kemudian mengembun pada botol bagian atas.

Tutup botol bagian atas dengan kain / kertas berwarna untuk mempercepat proses pengembunan. Dengan menutup botol bagian atas dari sinar matahari langsung maka akan memperendah suhu dalam botol dan mempercepat proses pengembunan.

filter-tenaga-matahari-carabuatsendiri.com-9

Sekian adalah tutorial mengenai cara membuat filter penyaring / penjernih air tenaga matahari dari botol bekas. Selamat berkreasi.

Peringatan Tambahan!

Perlu dicatat bahwa tidak semua zat kimia dapat benar-benar tersaring dengan metode ini sehingga meskipun airnya tampak jernih, air tersebut tidak layak untuk diminum. Maka hindari air yang sudah tercemar oleh limbah-limbah kimia!

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment