Membuat Hiasan Bunga Dari Botol Bekas dan Styrofoam

CaraBuatSendiri.com – Masih berkutat dengan botol bekas. Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membuat prakarya berupa hiasan bunga dari botol bekas. Memang prakarya yang akan dibuat kali ini tidak memiliki fungsi lain selain pajangan. Namun seluruh bahan yang diperlukan untuk membuat prakarya ini terdiri dari sampah disekitar kita.hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-07

Jadi, daripada menjadi polusi, alangkah lebih baik jika sampah tersebut diubah menjadi prakarya yang memiliki nilai keindahan dan dapat difungsikan sebagai pajangan. Selain mengurangi sampah plastik, anda juga dapat melatih kreatifitas anda dan tentu saja dapat menghasilkan sebuah karya.

Langsung saja simak langkah-langkah cara membuat hiasan bunga dari botol bekas dan styrofoam berikut ini:

Alat dan Bahan

  • Botol plastik bekas.
  • Bola-bola Styrofoam.
  • Gunting.
  • Solder.

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-01

Langkah 1 : Lubangi dan potong botol

Lubangi bagian dasar botol selebar mulut botol dengan menggunakan solder.

Berhati-hatilah saat menggunakan solder karena ujung solder sangat panas dan hindari lelehan plastik.

Potong bagian dasar botol, lalu masukkan mulut botol kedalam lubang pada dasar botol (perhatikan gambar). Bagian dasar botol akan menjadi alas / tatakan hiasan bunga yang akan kita buat.

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-02

Langkah 2 : Potong-potong bagian sisi botol

Potong-potong bagian sisi botol secara kecil-kecil dan memanjang menggunakan gunting. Potong hingga sekeliling botol menyerupai rumbai-rumbai. Antar potongan jangan terlalu lebar, pastikan lebar potongan lebih kecil dari diameter bola styrofoam. Rumbai-rumbai ini nantinya dibuat menjadi putik bunga.

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-03

Langkah 3 : Keritingkan rumbai-rumbai putik bunga

Keritingkan rumbai-rumbai yang telah dipotong tadi hinga menyebar kearah luar botol. Gunakan gunting untuk mengurut helai rumbai-rumbai satu persatu kearah luar (perhatikan gambar). Lakukan hal ini ke seluruh helai hingga membentuk sebuah bunga yang mekar.

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-04

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-05

Langkah 4 : Tambahkan bola-bola styrofoam

Langkah terakhir, tusukkan bola-bola styrofoam ke tiap-tiap helai. Atur jarak dan jumlah bola sesuai dengan selera anda dan hiasan bunga dari botol bekas ini pun siap dipajang.

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-06

hiasan-bunga-botol-bekas-carabuatsendiri.com-07

Tips : Anda bisa mengubah hiasan ini menjadi tudung penutup lampu tidur dengan memperpanjang bagian tatakan botol.

Sekian tutorial singkat tentang cara membuat hiasan bunga dari botol bekas dan styrofoam. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment