5 Trik Melepas Sekrup Atau Baut Yang Aus

CaraBuatSendiri.com – Mungkin kebanyakan dari kita pernah mengalaminya, kondisi dimana kita kesulitan melepas sebuah sekrup atau baut menggunakan obeng karena celah obeng pada kepala baut atau sekrup aus bahkan sampai hancur sehingga sudah tidak bisa lagi diputar menggunakan obeng.

5 Trik Melepas Sekrup Atau Baut Yang Aus

Penyebab kepala sekrup atau baut aus ada bermacam-macam. Bisa dikarenakan kualitas bahan baku pembuat baut yg buruk sehingga baut terlalu lunak, juga karena kondisi baut yang sudah berkarat atau sudah tua. Penggunaan obeng yang tidak sesuai ukuran baut  juga bisa menyebabkan kepala baut aus. Ini adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Memaksakan untuk memasang maupun melepas baut menggunakan kepala obeng yang ukurannya kurang pas menyebabkan celah pada kepala baut tidak dapat mencengkram bilah ujung obeng dengan sempurna, sehingga memperkecil luas penampang antara obeng dan kepala baut dan memperbesar gaya yang diterima oleh kepala baut. Maka dari itu selalu gunakan ukuran obeng yang pas sesuai dengan ukuran kepala baut atau sekrup.

Nah, bagaimana jika hal tersebut diatas sudah terlanjur terjadi? Kali ini CaraBuatSendiri.com akan membahas 5 trik melepas sekrup atau baut aus yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Trik Pertama, Melepas Baut Menggunakan Karet Gelang

Faktor utama mengapa baut atau sekrup yang aus sulit untuk dilepas adalah karena kurangnya cengkraman antara kepala baut dengan ujung obeng. Untuk mensiasatinya,anda bisa menggunakan karet gelang. Karet gelang disini berguna sebagai landasan elastis yang menambah gaya gesek antara ujung obeng dengan kepala baut.

Melepas baut dengan karet

Lapisi ujung obeng dengan karet gelang seperti pada gambar, lalu gunakan obeng untuk membuka baut dengan sedikit menekan. Ke-elastisitasan karet gelang akan membantu memberikan gesekan dan memenuhi rongga kepala baut sehingga memperluas area kontak.

Melepas baut dengan karet

Gunakan karet gelang yang sedikit lebar sehingga dapat memperbesar area kontak antara ujung obeng dengan kepala baut. Segala macam karet gelang bisa digunakan, namun untuk hasil yang lebih maksimal gunakan karet gelang yang kuat yang tahan putus.

Melepas baut dengan karet

Namun trik sederhana ini hanya berlaku untuk baut atau sekrup yang tidak terlalu seret, karena gaya cengkram yang dihasilkan oleh karet juga tidak terlalu kuat.

Trik Kedua, Melepas Baut Dengan Kepala Bor (Chuck)

Trik ini hanya berlaku jika kepala sekrup atau baut menonjol dari permukaan bidang. Jika kepala baut terbenam atau rata dengan permukaan bidang, maka trik ini tidak bisa digunakan. Trik ini menggunakan kepala bor untuk mencengkram kepala baut atau sekrup.

Melepas baut dengan chuck bor

Caranya,  longgarkan chuck atau kepala bor hingga kepala baut / sekrup bisa masuk, lalu rapatkan hingga kepala baut dicengkram rapat oleh kepala bor. Kemudian jalankan bor berlawanan dengan jarum jam untuk membuka sekrup.

Melepas baut dengan chuck bor

Trik ini bisa digunakan selama ada bagian dari sekrup atau baut yang dapat dicengkram atau chuck / kepala bor dan diameter kepala sekrup tidak melebihi diameter chuck.

Trik Ketiga, Membuat Celah pada Baut

Trik ini juga tergantung dengan kedalaman kepala baut terhadap permukaan bidang. Gunakan rotary tool untuk membuat celah dengan membelah kepala baut, lalu gunakan obeng minus untuk memutar baut.

Melepas baut dengan membuat celah menggunakan rotary tool

Namun hati-hati ketika menggunakan rotary tool, jangan memotong terlalu dalam agar permukaan sekitar baut tidak ikut rusak.

Melepas baut dengan membuat celah menggunakan rotary tool

Trik Keempat, Menggunakan Bor Kayu Plug

Trik ini adalah trik yang paling destruktif. Trik ini hanya digunakan jika baut sudah tertanam terlalu dalam dan kepala baut lebih dalam dari permukaan bidang sehingga sulit dijangkau.

Melepas baut dengan bor kayu plug

Untuk menjangkau baut, gunakan mata bor kayu plug untuk menggali lubang disekitar lubang baut.

Melepas baut dengan bor kayu plug

Hal ini tentunya dapat merusak bidang dan disarankan untuk menggunakan cara ini hanya jika sudah tidak ada cara lain dan kita benar-benar perlu untuk mengambil baut atau sekrup tersebut. Jika tidak benar-benar perlu, maka alangkah baiknya sekrup tersebut dibiarkan saja atau gunakan trik kelima berikut ini.

Trik Kelima, Melepas Baut Menggunakan Screw Extractor

Screw Extractor adalah sejenis mata bor yang dikhususkan untuk mengangkat sekrup yang tersangkut. Screw Extractor memiliki drat yang berlawanan arah dengan arah drat sekrup.

Macam-macam ukuran screw extractor

Screw extractor tersedia dalam berbagai macam ukuran untuk baut atau sekrup dengan ukuran yang berbeda-beda. Pilih screw extractor yang diameternya sedikit lebih kecil dari ukuran diameter sekrup.

Melepas baut dengan screw extractor

Untuk menggunakannya, anda tinggal memasang screw extractor pada bor, lalu atur arah putar bor berlawanan arah dengan jarum jam, kemudian bor sekrup yang membandel. Ujung kepala screw extractor akan menggali kedalam sekrup hingga mencengkram kuat pada sekrup, dan karena arah perputarannya berlawanan dengan arah drat sekrup, sekrup akan terangkat dengan sendirinya.

Melepas baut dengan screw extractor

Cara ini adalah yang paling efektif namun anda memerlukan alat khusus untuk melakukannya.

Sekian adalah 5 trik melepas baut atau sekrup yang aus. Semoga bermanfaat. (GML)

gml
gml

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment